Offense 2131

Strategi offense ini termasuk dalam 2-3 zone offense play. Kunci awal dari offense ini adalah bagaimana posisi 4 dapat mengalihkan lawan yang ada di center zone dan posisi 2 dapat mem-pick lawan (posisi 2) agar play maker dapat masuk ke dalam.

Diagram A adalah awal dari kunci tersebut. Posisi 4 turun sampai di belakang lawan (posisi 1) sehingga lawan yang ada di center zone (dalam diagram adalah posisi 4) terbawa agak maju mengikuti posisi 4 tadi. Kemudian Posisi 2 mulai membantu posisi 1 agar dapat masuk, yaitu dengan mem-pick lawan (posisi 2) yang menjaga posisi 1.

Pada diagram B, posisi 1 masuk (drive) seolah-olah akan langsung menuju ring lawan. Lawan (posisi 3) pun terpancing untuk menahan posisi 1 yang masuk tadi sehingga posisi 5 dapat bebas atau penjagaannya menjadi kurang.
Dalam diagram C, posisi 1 yang tadi masuk dan mulai ditahan oleh lawan (posisi 3) langsung mengoperkan bola pada posisi 5 yang sudah agak bebas. Satu hal lagi yang penting, posisi 3 mulai masuk ke dalam, karena dengan masuknya posisi 3 membuat lawan (posisi 5) menjaga dia sehingga posisi 5 yang tadi mendapat bola lebih bebas untuk langsung memasukkan bola ke dalam ring.

0 komentar:

Posting Komentar